TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DALAM APLIKASI GAME MOBILE LEGENDS

Penulis

  • Wahyu Romadhona STMIK TEGAL
  • Sarif Surorejo STMIK YMI Tegal
  • Bangkit Indarmawan Nugroho STMIK YMI Tegal

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupti.v1i3.630

Kata Kunci:

Penerapan Interaksi Manusia dan Komputer (HCI); Game Mobile Legends; Systematic Literature Review; Aplikasi Mobile

Abstrak

Penelitian ini menggunakan gagasan interaksi manusia dan komputer (HCI) untuk memberikan opsi pada game Mobile legends. Hasil dari penelitian ini adalah konsep Human Computer Interaction (HCI) yang digunakan untuk menggambarkan HCI pada game Mobile legends namun belum diterapkan karena kurang lengkapnya sumber penelitian terdahulu, implementasi usability, fungsi sistem, efektivitas, dan efisiensi. Merancang interaksi manusia dan komputer pada game mobile legends dengan tetap memperhatikan dasar-dasar HCI adalah saran penulis untuk para peneliti yang akan mengembangkan HCI

Referensi

[1] A. Mufti, “Rancangan Layar Sebagai Alat Bantu Pendewasa,” Fakt. Exacta, vol. 8, no. 2, pp. 181–185, 2015.
[2] S. Haryoko, “Penerapan sistem,” pp. 1–8, 2012, [Online]. Available: https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/viewFile/20/20
[3] E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. Werla Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, p. 63, 2019, doi: 10.24002/ijis.v1i2.1916.
[4] B. R. Barricelli, E. Casiraghi, and D. Fogli, “A survey on digital twin: Definitions, characteristics, applications, and design implications,” IEEE Access, vol. 7, p. 1, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2953499.
[5] Y. Rahmanto, Istikomah, and Styawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Koperasi Menggunakan Metode Web Engineerung,” Jdmsi, vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI/article/view/987
[6] R. R. Suryono, I. Budi, and B. Purwandari, “Challenges and trends of financial technology (Fintech): A systematic literature review,” Inf., vol. 11, no. 12, pp. 1–20, 2020, doi: 10.3390/info11120590.
[7] Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Damayanti Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Orbit Station ),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.
[8] S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 24–36, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.3710.
[9] M. Ichsan Nawawi et al., “Pengaruh Game Mobile Legends terhadap Minat Belajar Mahasiswa/i Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.”
[10] A. Zikrillah, A. M. Padiatra, I. Gunawan, B. Setiawan, and M. Z. Muttaqin, “Perspektif Komunikaksi Islam Terhadap Perilaku Kekerasan Verbal Dalam Permainan Daring (Studi Kasus Game Mobile Legends: Bang Bang),” J. Dakwah dan Komun., vol. 6, no. 1, p. 95, 2021, doi: 10.29240/jdk.v6i1.2960.
[11] I. K. S. Yogatama, A. P. Kharisma, and L. Fanani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan MOBA ( Studi Kasus : Mobile Legends : Bang-Bang !),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2558–2566, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4742
[12] C. V. Wijaya and S. Paramita, “Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends),” Koneksi, vol. 3, no. 1, p. 261, 2019, doi: 10.24912/kn.v3i1.6222.
[13] F. Angelina, V. Salem, and H. Gugule, “Dampak Sosial Game Online Mobile Legends: Bang Bang Terhadap Remaja Desa Fogi Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula,” J. Paradig. J. Sociol. Res. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 137–142, 2021, doi: 10.53682/jpjsre.v2i2.1827.
[14] A. Nasrullah, “Perancangan Sistem Informasi E-Sports Di Indonesia ( Khususnya Mobile Legends ) Berbasis Website Menggunakan Metode OOAD ( Object Oriented Analysis Design ),” vol. 1, no. 5, pp. 498–505, 2022.
[15] D. P. Satria, H. Nabila, M. Maulidia, and M. J. Rasel, “Perilaku Komunikasi Interpersonal Pemain Game Online ‘Mobile Legends’ di Lingkungan Keluarga,” PARAHITA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 41–47, 2021, doi: 10.25008/parahita.v2i2.63.
[16] Aulia Tri Utami, D. Bandarsyah, and S. Sulaeman, “Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, pp. 899–907, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2710.
[17] M. Arif and S. Aditya, “Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang,” vol. 1, no. 1, pp. 33–49, 2022.
[18] M. F. B. Putra, N. Atnan, M. Sc, and M. Legends, “Analisis Perilaku Komunikasi Antarpribadi Player Game Online Mobile Legends : Bang Bang Analysis of Communication Behavior of the Online Player Mobile,” e-Proceeding Manag., vol. 7, no. 2, pp. 4285–4296, 2020.
[19] R. Andreas and D. Arymami, “Hasrat Konsumsi Virtual dalam Permainan Daring Mobile Legends: Perspektif Deleuze dan Guattari,” J. Pemikir. Sosiol., vol. 8, no. 2, p. 209, 2022, doi: 10.22146/jps.v8i2.67351.
[20] Beny and H. Yani, “Identifikasi Karakteristik Riset Interaksi Manusia dan Komputer di Indonesia : Alur , Metodologi , dan Arahnya di Masa Mendatang,” J. Ilm. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Sist. Komput., vol. 15, no. 1, pp. 74–85, 2020.
[21] D. Rahadian, G. Rahayu, and R. R. Oktavia, “Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer,” J. Petik, vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 2019, doi: 10.31980/jpetik.v5i1.489.
[22] U. Rosyidah, H. Haryanto, and A. Kardianawati, “Antarmuka Manusia dan Komputer pada Game Edukasi Berbasis Model Kognitif Hirarki Tugas dan Tujuan,” 2018, [Online]. Available: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9854
[23] R. Andriyat Krisdiawan and Darsanto, “Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle )Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” Teknokom, vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi: 10.31943/teknokom.v2i1.33.

Diterbitkan

2022-09-26

Cara Mengutip

Romadhona, W., Sarif Surorejo, & Bangkit Indarmawan Nugroho. (2022). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DALAM APLIKASI GAME MOBILE LEGENDS. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1(3), 71–78. https://doi.org/10.55606/jupti.v1i3.630