PENGARUH HARGA, PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO VIVI JILBAB DI SUNGAI KAMBANG JAMBI

  • Veni Erniawanti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Maulana Yusuf UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • M. Taufik Ridho UIN Sulthan Thaha Saifuddin
Keywords: Harga, Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko vivi jilbab di sungai kambang jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel sebagai responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen pada toko vivi jilbab di Sungai Kambang Jambi. Hasil penelitian harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai sebesar 3,808 > 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai sebesar 2,053 > 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,043 < 0,05. Kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai sebesar 1.868 < 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,065 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F didapatkan nilai sig < α sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung>Ftabel yaitu sebesar 24,126 > 2,699. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga, produk dan kualitas pelayanan secara simultan atau secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R Square (R2) adalah 0,412 atau 41,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel harga, produk dan kualitas pelayanan sebesar 41,2%. Sedangkan sisanya 58,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2023-09-21
How to Cite
Veni Erniawanti, Maulana Yusuf, & M. Taufik Ridho. (2023). PENGARUH HARGA, PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO VIVI JILBAB DI SUNGAI KAMBANG JAMBI. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(3), 90-103. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i3.1093