ANALISIS EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI BPJS KETENAGAKERJAAN KCP RANTAU PRAPAT

Authors

  • Deni Irawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmi Syahriza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupumi.v4i1.3723

Keywords:

Service Quality, Public Service Mall, Employment BPJS;

Abstract

The aim of this research is to evaluate the quality of BPJS Employment services at the Rantau Parapat Public Service Mall. Through a qualitative descriptive approach, the author explains how BPJS Employment services are provided at the public service mall at BPJS Employment Rantau Parapat as a form of implementing excellent service in administrative reform. The results show that the quality of BPJS Employment services in public service malls in Rantau Parapat

References

[1] Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 Pasal 1 Ayat (1) Tentang Pelayanan Publik.

[2] L. Muliawaty and S. Hendryawan, “Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang),” Kebijak. J. Ilmu Adm., vol. 11, no. 2, pp. 45–57, 2020.

[3] S. Saggaf, M. M. Said, and W. S. Saggaf, Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang, vol. 1. SAH MEDIA, 2018.

[4] S. Sugiyanto, R. Dorojati, U. Sulistiana, and N. Tiurmida, “Menanamkan Nilai-nilai Kearsipan Pada Keluarga Studi Kasus di LK3 Pusaka Yogyakarta,” Share Soc. Work J., vol. 10, no. 2, pp. 227–238, 2020.

[5] T. N. Haryani and A. F. Puryatama, “Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia,” Kybernan J. Stud. Kepemerintahan, vol. 3, no. 1, pp. 40–54, 2020, doi: 10.35326/kybernan.v1i1.580.

[6] Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-RB, “Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik,” 2017, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

[7] Peraturan Bupati Sleman Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

[8] P. D. Mukhtar and M. Pd, “Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif,” Jakarta GP Press Gr., 2013.

[9] Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media, Yogyakarta, 2018.

[10] Peraturan Bupati Sleman Nomor 45.4 Tahun 2021 Tentang kode etik pelayanan terpadu satu pintu.

[11] R. Salam, “KOMITMEN ORGANISASI: Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia.” SMK Pustek Serpong, 2020.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Deni Irawan, & Rahmi Syahriza. (2024). ANALISIS EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI BPJS KETENAGAKERJAAN KCP RANTAU PRAPAT. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 4(1), 288–298. https://doi.org/10.55606/jupumi.v4i1.3723