PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2018-2020

Authors

  • Yon Sudarso UIN STS Jambi
  • Usdeldi UIN STS Jambi
  • Marissa Putriana UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i2.479

Keywords:

Profitabiitas, firm size ,dan Islamic social reporting

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan pengaruh firm size terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan syariah sector pertambangan yang terdaftar di indeks sahan syariah Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini diuji dengan menggunakan 2 variabel bebas (independen) yaitu: profitabilitas dan firm size. Untuk variable terikat (dependen) yaitu Islamic social reporting. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan syariah sector pertambangan yang terdaftar di indeks saham syariah Indonesia tahun 2018-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 45 sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan dibantu alat analisis SPSS 22 data yang digunakan adalah data panel. Hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan teradap Islamic social reportimg, sedangkan firm size tidak berpengaruh terhadap Islamic social reporting. Dari hasil uji simultan profitabiitas dan firm size tidak memiliki pengaruh terhadap Islamic Social Reporting.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Yon Sudarso, Usdeldi, & Marissa Putriana. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2018-2020. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i2.479