PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT OPSEZI KOTA JAMBI

  • yayangpebrianti UIN STS Jambi
  • Yayang Pebrianti UIN STS Jambi
  • Lidya Anggraeni UIN STS Jambi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Transparansi, Minat Muzakki, Zakat.

Abstract

Organisasi pengelola zakat yang bertanggung jawab akan memberikan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi pada umumnya selaras dengan kepercayaan masyarakat sehingga minat masyarakat untuk menyalurkan zakat di BAZNAS akan tinggi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat muzaki dalam menyalurkan zakat yaitu kualitas pelayanan dan transparansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan transparasi secara parsial maupun simultan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh muzakki di Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Berganda.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil Uji-t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan transparasi mempengaruhi secara parsial terhadap minat muzakki dalam membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi, (2) Berdasarkan hasil Uji-F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan transparasi mempengaruhi secara simultan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi dengan pengaruh sebesar 18,4%.

Published
2022-10-25
How to Cite
yayangpebrianti, Yayang Pebrianti, & Lidya Anggraeni. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT OPSEZI KOTA JAMBI. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 102-111. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i1.703