PENGARUH UKURAN DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU CORPORATE INTERNET REPORTING PADA DAFTAR EFEK SYARIAH (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020)

  • Hamsar UIN STS Jambi
  • Bambang Kurniawan UIN STS Jambi
  • Mohammad Orinaldi Mohammad Orinaldi
Keywords: Ukuran, Profitabilitas, Ketepatan waktu, dan Pengungkapan Corporate Internet Reporting.

Abstract

Indonesia menempati urutan keempat negara denganĀ  penggunaan internet terbanyak mencapai 4,9% Hampir seluruh perusahaan go public saat ini memberikan informasi baik berupa informasi umum perusahaan maupun laporan keuangan perusahaan melalui website perusahaan. Penggunaan internet sebagai media pelaporan perusahaan dapat disebut dengan (Corporate Internet Reporting/CIR). Berdasarkan data yang berkaitan dengan laporan keuangan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di indonesia Tahun 2016-2020 dapat dilihat bahwa terjadi keterlambatan dalam laporan keuangan dari tahun ketahun pada beberapa perusahaan. Hal ini dapat mempengaruhi pengungkapan CIR untuk tahun yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dan profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Internet Reportingpada perusahaan sektor industri barang konsumsi di indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan Analisis Regresi Data Panel, pengujian Model, Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis dengan alat bantu aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Internet Reporting. serta hasil dari uji F yang dilakukan didapat bahwa variabel independen yaitu ukuran dan profitabilitas mampu menjelaskan variabel dependen yaitu pengungkapan Corporate Internet Reporting sebesar 28% da sisanya 72% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Published
2022-10-25
How to Cite
Hamsar, Bambang Kurniawan, & Mohammad Orinaldi. (2022). PENGARUH UKURAN DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU CORPORATE INTERNET REPORTING PADA DAFTAR EFEK SYARIAH (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020). Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 121-132. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i1.705