PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

STUDI PADA UMKM DI DESA SUNGAI JAMBAT KECAMATAN SADU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Penulis

  • Sandi darmansyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Usdeldi UIN STS Jambi
  • Marissa Putriana UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.712

Kata Kunci:

Tingkat pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Kualitas Laporan keuangan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi secara parsial dan simultan mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan UMKM Desa Sungai Jambat Kec.Sadu.Objek dari penelitian ini adalah mengambil sampel secara keseluruhan, yakni semua UMKM di Desa Sungai Jambat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.Jumlah Populasi sebanyak 90 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.Data yang digunakan menggunakan data primer.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara parsial Tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM Desa Sungai Jambat Kec.Sadu.dan pemahaman akuntansi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM Desa Sungai Jambar Kec. Sadu.Secara simultan tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM Desa Sungai Jambat Kec.Sadu.Uji determinasi pada output model summary dari analisis regresi linier berganda tepatnya pada kolom adjusted R2 yaitu sebesar sebesar0,123.Dengandemikianmenunjukkanbahwa variabel independen mempengaruhi variable dependen sebesar 12,3% Sedangkan sisanya 87,7% lainnya dipengaruhivariabel lain yang tidak ditelitidalampenelitian ini. Penelitian ini dapat

Diterbitkan

2022-10-27

Cara Mengutip

Sandi darmansyah, Usdeldi, & Marissa Putriana. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN: STUDI PADA UMKM DI DESA SUNGAI JAMBAT KECAMATAN SADU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.712