PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI FRAKTUR
DOI:
https://doi.org/10.55606/klinik.v2i2.1206Kata Kunci:
Pendidikan Kesehatan, Tingkat Kecemasan, Pre operasi FrakturAbstrak
Pendidikan Kesehatan dengan menggunakan video memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perubahan perilaku pasien sehingga akan lebih cepat mengerti, dan mengingat penyajian informasi atau Pendidikan Kesehatan dengan menggunakan video akan memberikan dampak positif terhadap pasien selain itu manfaat lainnya memberikan stimulus pada pendengaran dan penglihatan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan Pra Experimen Pre test Post test One Design Group. Bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Pendidikan Kesehatan menggunakan video edukasi terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operasi fraktur. Populasi penelitian ini adalah pasien yang akan dilakukan tindakan operasi fraktur di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan sampel sejumlah 23 responden sebagai kelompok intervensi. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Hasil Proses intervensi menggunakan video tentang edukasi pasien pre operasi fraktur untuk menurunkan kecemasan. Pada kelompok intervensi sebelum diberikan Pendidikan kesehatan video edukasi 39,1% menunjukan tingkat kecemasan sedang, dan sesudah dilakukan Pendidikan Kesehatan menggunakan video edukasi menunjukan Sebagian besar pada tingkat kecemasan ringan yaitu sebanyak 9 orang (39,1%). Hasil Analisis dengan uji marginal homogeneity didapatkan hasil p value 0,001. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video edukasi terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operasi fraktur.
Referensi
Berman, A., Snyder, S., & Frandsen, G. (2016). Kozier & Erb’s Fundamentals of Nursing: Concepts, Process, and Practice (Tenth Edition). New York: Pearson Education.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dinkes Jateng. 2018. Profil kesehatan provinsi jawa tengah tahun 2017. Dinkes Jateng. Semarang
Diyono, D., Herminto, B., & Pertiwi, D. H. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pra Bedah Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pra Bedah di Rumah Sakit DR. Oen Surakarta. KOSALA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2).
Habibzadeh, H., Milan, Z. D., Radfar, M., Alilu, L., & Cund, A. (2018). Effects of Peer - Facilitated, Video - Based and Combined Peer - and - Video Education on Anxiety Among Patients Undergoing Coronary Angiography: Randomised controlled trial. Su ltan Qaboos University Medical Journal , 18 (1), e61 – e61.
Muttaqin, A., & Sari, K. (2013). Keperawatan Perioperatif : Konsep Proses dan aplikasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.
Nugroho, N. M. A., Sutejo, & Prayogi, A. S. (2020). The Effect Of Android Audio Visual Health Education On Anxiety Pre Spinal Anesthesia Patients in PKU Muhammadiyah Bantul Hospital. Jurnal Teknologi Kesehatan (Journal of Health Technology), 16(1), 8–15. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/2463/
Smeltzer, S., & Bare, B. B. (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.
Suteja, D. (2019). Pengaruh Edukasi Pre Operasi Dengan Media Audio Visual Terhadap Kecemasan Pasien Menjalani Tindakan Pembedahan Di Unit Pelayanan Jantung Terpadu Rsupn Dr Cipto Mangunkusuomo Jakarta 2016. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Ulfah, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Penurunan Kecemasan Pasien Pre Operasi Bedah Di Rsud Muntilan Kabupaten Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Vellyana, D., Lestari, A., & Rahmawati, A. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Preoperative di RS Mitra Husada Pringsewu. Jurnal Kesehatan, 8(1), 101–120. https://doi.org/doi.org/10.26630/jk.v8i1.403
Widyastuti, Y. (2015). Gambaran kecemasan pada pasien pre operasi fraktur femur di RS Ortopedi Prof. Dr. R Soeharso Surakarta. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 12(02).
World Health Organization (WHO). Strengthening Road Safety Legislation: A Practice and Resource Manual for Countries. WHO Library Cataloguing. 2019;3(4):99. doi: 9241505109, 9789241505109