Gambaran Tingkat Kecemasan Anak Pra sekolah Berdasarkan Frekuensi Hospitalisasi di Ruang Anak Rumkit TK II.Prof.Dr.J.A Latumeten Ambon

Penulis

  • Wiwik Widiyanti STIKes Maluku Husada
  • Asih Dwi Astuti STIKes Maluku Husada

DOI:

https://doi.org/10.55606/klinik.v1i3.1264

Kata Kunci:

Tingkat Kecemasan, Anak Prasekolah, Frekuensi Hospitalisasi

Abstrak

. Latar Belakang Kecemasan adalah kebingungan, kekhawatiran pada sesuatu yang akan terjadi dengan penyebab yang tidak jelas. Bagi anak prasekolah Sakit dan dirawat di rumah sakit adalah Hal baru yang mengerikan, mereka menerima keaadaan ini sebagai rasa ketakutan, bahkan beberapa di antara mereka akan secara menolak masuk rumah sakit.Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkat kecemasan anak prasekolah Berdasarkan Frekuensi hospitalisasi di ruang anak Rumkit TK.II.Prof.Dr.J.A. Latumeten Ambon. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. pengambilan Sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui instrument Spance Childrens Anxiety Scale (SCAS). Penelitian ini diambil di Ruang Anak Rumkit TK II.Prof.Dr.J.A.Latumeten Ambon. Hasil Penelitian ini yang baru pertama kali masuk rumah sakit sebanyak 16 responden (53,3) dan sebagian kecil responden pernah mengalami Riwayat di rawat sebelumya atau ≥ 2 kali sebanyak 14 responden (46,7). Untuk tingkat kecemasan sebagian besar responden mengalami kecemasan berat sebanyak 11 responden (36.7),cemas sedang sebanyak 8 responden (26.7) dan sebagaian kecil responden mengalami panik yaitu sebanyak 2 responden (6.7). Kesimpulan Tingkat kecemasan anak prasekolah saat pertama kali dirawat adalah kecemasan berat,Tingkat Kecemasan anak prasekolah yang  ≥ 2 kali dirawat di kategorikan dalam cemas berat dan cemas sedang .

Referensi

Alini,2017.Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (Playdought) Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah( 3-6 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Diruang Perawatan Anak RSUD Bangkinang Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Kedokteran,Universitas Pahlawan Tuanku Tambuasai,Diakses 23 Desember,2017 (16:04)
Astarani,K.(2017) .Hospitalisasi dan Terapi Bermain Pada Anak. Nganjuk:Adjie Media Nusantara

Centered, F., & Centered, F. (2020). The Effectiveness of Applying The Family- Centered Care Method to Pediatric Patients with Stress Hospitalization. 3(2), 112–116

Donsu,J.D.T.(2019).Metodologi Penelitian Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Harlistyarintica, Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Pola Asuh Autoritatif dan Kebiasaan Makan Anak Prasekolah. 5(1), 869–8

Hidayat,A.A (2008).Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan (2 ed).Jakarta:Salemba Medika
Hidayat, A.A..(2014).Metode Penelitian Keperawatan dan teknik analisis data.Jakarta:Salemba Medika

Hockenberry,J.M & Wilson,D (2007).Wong’s nursing care of infant and children.(8th edition).Canada:Mosby Company

Ilmiasih,R. (2012). Pengaruh Seragam Perawat: Rompi Bergambar Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi.Universitas Indonesia Library.Lib.ui.ac.id.Diunduh tanggal 13 juli 2017

Kaplan,H.I.,Sadock B.J. and Grebb J.A.2010.Sinopsis Psikiatri :Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis.Edisi 2 :Dr.I.Made Wiguna S.Jakarta : Bina Rupa Aksara
Notoatmodjo,S.2018.Metodenologi Penelitan Kesehatan.Cetakan ketiga.Jakarta: PT Rineka Cipta
Nursalam.(2017).Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.(P.P.Lestari,Ed) (4th ed).Jakarta : Saleman Medika
Oktiawati,dkk,2017.Buku ajar Keperawatan Pediatrik.Tegal: CV Trans Info Medika Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Anak Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi. 2(1), 65–70
Pena,Ana Lucia Norena,&Juan,Luis Cibanal.(2011).The Experience Of Hospitalized Children Regarding Their Interactions With Nursing Professionals.Enfermagem Original Article,19 (6),1429-1436
Rofiqoh,S.,&Isytiaroh,( 2016),Prediktor kecemasan anak usia sekolah yang dirawat di rumah sakit Kabupaten Pekalongan.Jurnal Pena Medika.6(2),112-124
Stuart,G.W.,Dan Sundeen.(2016).Principle and Practice of Psychiatric Nursing,(1st edition).Singapore : Elsevier

Sutejo. (2018).Keperawatan Jiwa,Konsep Dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa:Gangguan Jiwa Dan Psikososial.Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Yulianto, M. (2014). Gambaran Peran Perawat Dalam Penanganan hospitalisasi anak di ruang perawatan 4 Rsu . Islam Faisal MAKASSAR. 4, 664–668

Wong,et al.(2009).Wong buku ajar keperawatan pediatrik.alih bahasa:Andry Hartono,dkk).Jakarta.EGC

Diterbitkan

2023-01-22

Cara Mengutip

Wiwik Widiyanti, & Asih Dwi Astuti. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Anak Pra sekolah Berdasarkan Frekuensi Hospitalisasi di Ruang Anak Rumkit TK II.Prof.Dr.J.A Latumeten Ambon. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(1), 183–195. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i3.1264