PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA

INFLUENCE OF GAMES ONLINE ON CHANGES IN ADOLESCENT BEHAVIOR

Penulis

  • Erida Fadila STIKes Ahmad Dahlan Cirebon
  • Syarief Noer Robbiyanto STIKes Ahmad Dahlan Cirebon
  • Yani Tri Handayani STIKes Ahmad Dahlan Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.55606/klinik.v1i2.531

Kata Kunci:

Game online, Remaja, Perubahan Perilaku

Abstrak

Perkembangan teknologi di era globalisasi yang semakin pesat membuat begitu banyaknya perubahan teknologi salah satunya game online. Remaja lebih rentan kecanduan game online dengan 89 (59,3%) mengalami kecanduan parah . Tujuan dari Literature Review ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja. Metode pencarian sumber data artikel menggunakan database Mendeley dan Google Schoolar dengan kata kunci “Pengaruh” AND “Game online” AND “Perubahan Perilaku Remaja” dari hasil jurnal ditemukan 687, diseleksi inklusi dan ekslusi dengan PICOS, Setelah itu diseleksi SANRA dan didapatkan 7 jurnal yang di review. Hasil dari 7 jurnal yang telah review dapat disimpulkan bahwa game online sangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku remaja dikarenakan terdapat perubahan perilaku pada remaja yang sudah mengalami kecanduan pada game online. Diharapkan bagi masyarakat menjadi salah satu sumber informasi khususnya pada orang tua untuk membimbing  dan  mengawasi  anaknya yang  bermain  game  online  kemudian memberi batasan waktu bermain agar remaja tidak kehilangan kontrol dalam bermain game online dan tidak berdampak negatif bagi kehidupannya.

 

Referensi

Affandi, M. (2013). … Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 SDN 009 Samarinda. ejournal Ilmu Komunikasi, Vol 1 (4) …. Hubungan Kecanduan Game online dengan Self …, 1(4), 177–187.

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. 1, 42–47.

Ayu, L., & Saragih, S. (2016). Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Kecanduan Games Online pada Dewasa Awal. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 167–173. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.734

Firdaus, A. M. yunanta, & Hidayati, E. (2019). Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Penggunaan Napza Di Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(1), 1. https://doi.org/10.26714/jkj.6.1.2018.1-7

Firdaus, et al. (2020). Dampak Game online Terhadap Perilaku Mahasiswa. 4, 13–15.

Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak Game online Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Mi Al Anshar Kecamatan Hulonthalangi. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 26–37. https://doi.org/10.54045/educator.v1i2.189

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan mental, 2(1), 16–21.

Kusumawati, R., Aviani, Y. I., & Molina, Y. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1), 88–99. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7955

Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game online Melalui Pendekatan Neurobiologi. Journal of Sychology, 1(1), 1–16. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/anfusina/article/view/3643/2416

Manggena, T. F., Putra, K. P., & Elingsetyo Sanubari, T. P. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun. Satya Widya, 33(2), 146–153. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p146-153

Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Analisis Kecanduan Judi Online ( Studi Kasus Pada Siswa SMAK AN Mandai Maros Kabupaten Maros). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair, 4(2), 205–216.

Sri Wahyuni Adiningtiyas, M. P. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game online (The role of teacher in overcoming addiction to online games). Jurnal KOPASTA, 4(1), 11. www.journal.unrika.ac.idJurnalKOPASTA

Syahputra, T. R. (2018). Pengaruh Bermain Game online terhadap Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(1), 24.

Syahran, R. (2015). Ketergantungan Online Game Dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537

Warits Marinsa Putri, N., Hamiyati, & Doriza, S. (2020). Dampak game online : Studi fenomena perilaku trash-talk pada remaja. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 72–85.

Diterbitkan

2022-05-20

Cara Mengutip

Erida Fadila, Syarief Noer Robbiyanto, & Yani Tri Handayani. (2022). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA: INFLUENCE OF GAMES ONLINE ON CHANGES IN ADOLESCENT BEHAVIOR. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i2.531