PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA DAN GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Penulis

  • Novia Fitri Zahroh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hindun Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2491

Kata Kunci:

Problematika pembelajaran, matematika, guru Aini

Abstrak

Matematika menjadi pelajaran yang memiliki minat rendah pada tingkatan sekolah. Hal itu dibuktikan dengan nilai ujian akhir matematika yang selalu rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Novel Guru Aini karya Andrea Hirata merupakan karya sastra yang juga ikut membahas akan permasalahan problematika pembelajaran matematika bagi siswa dan guru. Hal itulah yang membuat peneliti melakukan penelitian mengenai problematika pembelajaran matematika yang terdapat dalam novel Guru Aini dan membahas akan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran matematika. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan analisis isi dari novel Guru Aini. Problematika pembelajaran matematika bagi siswa dalam novel Guru Aini, dapat disimpulkan bahwa: 1) pandangan pelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosakan, 2) siswa kurang memahami konsep awal matematika, yang membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika selanjutnya, 3) penyakit diskalkulia. Sedangkan, Problematika pembelajaran matematika bagi guru yaitu: 1) nilai siswa menjadi tolak ukur dalam keberhasilan guru dalam mengajar, 2) kurikulum pembelajaran matematika yang selalu diganti, 3) tuntutan sosial untuk mengubah pandangan siswa agar matematika menjadi pembelajaran yang tidak menakutkan dan membosankan, 4) sulitnya menentukan metode dan pendekatan pembelajaran.

Referensi

Silaban, P. J. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577

Heriawan, Adang, dkk. (1998). Mengenal manusia dan pendidikan. Liberty.

Hirata, A. (2020). Guru Aini. Bentang Pustaka.

Nuraida, I. (2022). Problematika Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematika Student Problems in Mathematics Learning in Solving Mathematical Problems. Gunung Djati Conference Series, 12, 101–105.

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.

Pakpahan, G. P. A. P. dan S. L. (2022). PERAN GURU, PERAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SD KARUNIA IMANUEL BANDAR LAMPUNG. 18(2), 305–322.

Sabri, A. (1999). Ilmu Pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sukiati. (2016). buku Metopel 2016.pdf.

Widjanarko, B. (2019). Konsep Dasar dalam Pengumpulan data Penyajian Data. Sats4213/Modul 1, 1–45.

Zuhri Fahruddin. (2021). Peran Orang Tua dan Masyarakat dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Anak. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(1), 15–30. https://doi.org/10.53625/joel.v1i1.219

Diterbitkan

2023-12-21

Cara Mengutip

Novia Fitri Zahroh, & Hindun, H. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA DAN GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 39–53. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2491