PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN E-COMMERCE

Penulis

  • Gabriela Matana University
  • Yoshua Matana University
  • M. Rachman Mulyandi Matana University

DOI:

https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1.224

Kata Kunci:

: E-commerce, Online Customer Review, Online Customer Rating, Minat Beli Pelanggan

Abstrak

Dengan adanya kemajuan, kecanggihan, dan banyaknya pengguna teknologi saat ini, para pelaku bisnis di dunia khususnya di Indonesia dapat menggunakan internet sebagai lahan pemasarannya dan mendapat peluang yang sangat besar untuk menjangkau konsumennya melalui perdagangan online. Perdagangan online saat ini telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Indonesia dan dapat dilakukan di platform manapun seperti media sosial Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, maupun e-commerce. E-commerce adalah kegiatan yang mendistribusikan, menjual, membeli, dan memasarkan barang dan jasa dengan mengandalkan sistem elektronik seperti internet, atau jaringan komputer lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data penelitian dari sumber sekunder yaitu studi pustaka. Literature review dipakai dalam penelitian ini sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari data yang sudah didapatkan. Objek dari penelitian ini adalah pengguna e-commerce. Variabel independen penelitian ini adalah online customer review (X1) dan online customer rating (X2), dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat beli (Y). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa online customer review dan online customer rating ditemukan memiliki pengaruh terhadap purchase intention.

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Gabriela, Yoshua, & M. Rachman Mulyandi. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN E-COMMERCE. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1.224