PENGARUH KESELAMATAN PASIEN DALAM KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIEN PADA MUTU PELAYANAN KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMIC COVID 19

Penulis

  • Gia Sastri Permatha Indah Universitas Yatsi Madani
  • Ida Faridah Universitas Yatsi Madani
  • A.Y.G Wibisno Universitas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.55606/klinik.v2i1.772

Kata Kunci:

Keselamatan Pasien, Identifikasi Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan.

Abstrak

Mutu pelayanan kesehatan adalah suatu tingkat kesempurnaan pada pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai standar pelayan kesehatan yang berlaku pada setiap rumah sakit yang ada, mutu pelayanan keperawatan adalah sebuah indikator kualitas pelayanan kesehatan yang menjadi penentu citra institusi pelayanan di masyarakat. Selama pada pandemic covid-19 dimana protokol kesehatan yang menuntut serta berperan aktif pada tenaga kesehatan dan seluruh pasien yang berada di rumah sakit. Rumah sakit mempunyai peran penting bagi masyarakat dengan pelayanan yang kompeten dan kompleks jika dapat mengelola dengan baik akan memberikan dampak yang baik jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kesalahan sehingga mengancam keselamatan pasiendan pandemic Covid 19 merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia sejak Januari 2020 dengan kasus covid yang terkonfirmasi 3.272.202 kasus dengan angka kematian 230.104 angka kematian yang menimpah 215 negara. Tujuan : agar dapat memebrikan dampak yang baik terhadap pasien yang dapatdiimplementasikan dalam mutu pelayanan kesehatan dengan memperhatikan setiap komponen pasien safety pada identifikasi pasien yang ada di rumah sakit, serta menerapkan kepada pasien untuk membantu memenuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen (pre and post test without control) memberikan kuesioner kepada 50 perawat dengan penyebaran kuesioner (pre test) dan (post test) dengan pemberian intervensi modul bacaan Hasil: Teknik pengambilan dengan penyebaran kuesioner (pre test) dan pemeberian materi model dengan intervensi materi dan (post tes) setelah pemeberian intervensi modul. Analisis data menggunakan uji T-test (pre test) (post test)dandengan Nilai (P value) <0,05. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan terdapat pengaruh intervensi pemberian modul pada perawat tentang keselamatan pasien pada identifikasi pasien dan mutu pelayanan kesehatan.

Referensi

Abuosi, Aaron A., Alexander Akologo, and Emmanuel A. Anaba. 2020. “Determinants of Patient Safety Culture among Healthcare Providers in the Upper East Region of Ghana.” Journal of Patient Safety and Risk Management 25(1): 35–43.
Afrioza, Selvy, and Ibnu Baidillah. 2021. “Hubungan Tingkat Kepuasan Pasie Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan.” Journal of Nursing Practice and Education 1(2): 169–80.
Ankes, Jurnal Smart, Stikes Abdi, and Nusa Pangkalpinang. 2021. “2 Mutu.” 5(1): 63–70.
Asmirajanti, Mira et al. 2021. “Penerapan Standar Akreditasi Terhadap Mutu Dan Keselamatan Pasien Sebelum Dan Selama Pandemi Covid 19.” The Journal of Hospital Accreditation 3(2).
Astinawati, Laurensia Brigitta, Ratna Indrawati, Rokiah Kusumapradja, and Endang Ruswanti. 2019. “Dampak Identifikasi Pasien Terhadap Keselamatan Pasien.” Journal Of Hospital Management 2(2): 341–46.
Biomedica, Acta. 2020. “Patient Identification Techniques - Approaches, Implications, and Findings.” Yearbook of medical informatics 29(1): 81–86.
Dylan Trotsek. 2017. “Identifikasi Pasien.” Journal of Chemical Information and Modeling 110(9): 1689–99.
Goma, Edwardus Iwantri. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Isu Kependudukan Di Indonesia.” Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi 5(1): 33–42.
Handayani, Putri, Kiki Hardiansyah Safitri, and Sholichin. 2021. “Manuskrip Pelaksanaan Patient Safety Selama Pandemi Covid-19.” Manuskrip pelaksanaan patient safety selama pandemi covid-19.
Heryana, Ade. 2020. “Analisis Data Penelitian Kuantitatif.” Penerbit Erlangga, Jakarta (June): 1–11.
Immelia, Prastica. 2019. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.” skripsi 45(45): 95–98.
Indrawati, Ratna, Rokiah Kusumapradja, and Endang Ruswanti. 2021. “Patient Identification Impact Towards Patient Safety.” Archives of Anesthesiology and Critical Care 4(4): 527–34.
Jassim, Khadija Mohammed. 2021. “Student ’ s Knowledge Concerning International Patient Safety Goals at College of Nursing -University of Basrah Student ’ s Knowledge Concerning International Patient Safety Goals at College of Nursing - University of Basrah.” (December).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Serta Definisi Coronavirus Disease (COVID-19).” Germas: 11–45. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1.pdf [Diakses 11 Juni 2021].
Lahaji, Ledy Chintia, Ribka Elisabeth Wowor, Grace Esther, and Caroline Korompis. 2019. “Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wawonasa Kota Manado.” Kesmas 7(4): 1–5. https://yankes.kemkes.go.id/lakip_files/direktorat_mutu_akreditasi_pelayanan_kesehatan_lakip_2020.pdf.
Lambrini Kourkouta et al. 2021. “Quality of Health Services.” World Journal of Advanced Research and Reviews 12(1): 498–502.
Lumadi, Sih Ageng, and Lilla Maria. 2022. “Jurnal Kesehatan Mesencephalon Patient Identification.” 8(1): 27–35.
Megatsari, Hario et al. 2019. “Perspektif Masyarakat Tentang Akses Pelayanan Kesehatan.” Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 21(4): 247–53.
Mohammed, M. N. et al. 2021. “2019 Novel Coronavirus Disease (Covid-19): Toward a Novel Design for Disinfection Robot to Combat Coronavirus (Covid-19) Using IoT Based Technology.” In 2021 IEEE 12th Control and System Graduate Research Colloquium, ICSGRC 2021 - Proceedings, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 211–16.
Muhani, Nova, Elitha M Utari Dalfian, and Muhammad Ilham Rivaldi. 2019. “Relationship of Patient Safety Implementation to Quality of Nutritional Services for Inpatients.” Relationship of Patient Safety Implementation To Quality of Nutritional Services for Inpatients 2019(1401417015): 100. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/avicena/article/view/1568.
Muhtar, Muhtar, Aniharyati Aniharyati, and Ahmad Ahmad. 2020. “Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Daerah Bima.” Bima Nursing Journal 2(1): 55.
Noorhidayah, Septi Anggraeni, and Siti Fatimah Tuzzahra. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura Tahun 2019.” 10(2): 758–72.
Nurani, Dian, Martha M. Kaseke, and Arthur E. Mongan. 2021. “Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 Terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi Di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.” e-CliniC 9(2): 412.
Pasalli’, Ariella, and Arni Arsy Patattan. 2021. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal.” Jurnal Keperawatan Florence Nightingale 4(1): 14–19.
Rafika, Ulfa. 2020. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik 6115: 196–215.
Romano, Rita et al. 2021. “The Safety of Care Focused on Patient Identity: An Observational Study.” Acta Biomedica 92(3).
Salawati, Liza. 2020. “Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit.” AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh 6(1): 94.
Setiyoargo, Arief, Nanta Sigit, and Richard One Maxelly. 2021. “Edukasi Kesehatan Dalam Menjamin Ketepatan Identifikasi Pasien Guna Meningkatkan Keselamatan Pasien Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2): 200.
Sharfina, Dini. 2019. “Kebijakan Perawatdalam Penerapan Keselmatan Pasien Di Rumah Sakit.”
Simamora, Doni Pacarella, Daniel Ginting, and Janno Sinaga. 2021. “Analysis of Factors Related To the Accuracy of the Implementation of Patient Identification By Nurses in the Icu Rantauprapat Hospital 2021.” Journal of Healthcare Technology and Medicine 7(2): 1352–63.
Simanjorang, Delpini et al. 2019. “The Analysis Effect of the Quality of Health Services Against Patient Satisfaction Patients in Royal Prima Medan Hospital.” Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit 8(2): 90–97.
Sirait, Ruminta. 2019. “Peningkatan Mutu Pelaynan Melalui Peran Perawat Pada Kesehatan Keluarga.” Peran Informatika Keperawatan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Kepemimpinan Keperawatan: 1–8.
Torres, Tanya. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien.https://jdih.baliprov.go.id/uploads/produk-hukum/peraturan/2017/PERMENKES/permenkes-11-2017.pdf.
Ulumiyah, and Nurul Hidayatul. 2018. “Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas.” Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 6(2): 149.
Widya Astari, Dewanti, Afni Noviantani, and Rosdiana Simanjuntak. 2021. “Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Era Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Mata Cicendo.” Journal of Hospital Accreditation 03(1).
World Health Organization Western Pasific Region. 2020. “Materi Komunikasi Risiko COVID-19 Untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan.” World Health Organization: 1–11.

Diterbitkan

2022-12-08

Cara Mengutip

Gia Sastri Permatha Indah, Ida Faridah, & A.Y.G Wibisno. (2022). PENGARUH KESELAMATAN PASIEN DALAM KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIEN PADA MUTU PELAYANAN KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMIC COVID 19. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.55606/klinik.v2i1.772